Senin, 23 September 2013

CELOTEH



Posting kali ini saya tujukan kepada anggota unit MBGB di Balikapapan. Saya cuman ingin bercerita sedikit pengalaman saya ketika masih aktif di keluarga ke-2 saya, Marching Band Gita Bahana. Berhubung mw lomba nih di Bandung, siapa tw bermanfaat amin :)


Cerita ini berhubungan dengan tahun 2009 merupakan jaman keemasan bagi saya, karena tahun itulah unit kami berhasil membawa keluar piala juara umum LANGGAM di Bali. Bagi kami itu adalah sebuah prestasi gemilang, karena sejak pertama kali LANGGAM diadakan, juara umum selalu jatuh pada tuan rumah. 

Bayangkan betapa bahagianya kami saat kami berhasil membawa keluar piala tersebut ke kota kami sendiri.
Untuk menjadi seorang juara, tentu gak mudah ya..perlu kerja keras, bahkan kami bukan hanya mengeluarkan keringat, tapi juga darah. Karena sering terjadi kecelakaan ketika kami sedang berlatih. Tertimpa cyber, riffle, atau para pemain saling bertabrakan. Wuih serem amat ya….

Tapi itu semua melambangkan betapa besar niat kami untuk mengikuti lomba tersebut. Kami tidak pernah berhenti berlatih, tidak ada pernah terpikir untuk berhenti.TIDAK PERNAH.

Sekedar motivasi untuk angkatan yang sekarang, JANGAN LUPAKAN TUJUAN KALIAN
Apa tujuan kalian lomba ? Gelar ? Nama ? Piala ? Kebanggaan ? cuman kalian yang bisa menjawabnya. 

Jangan pernah sia-sia kan kesempatan emas ini. Karena MBGB goes to nasional, itu sangat jarang di dapat.
Ingat ! Pelatih kalian adalah pelatih yang sangat berkompeten, yang mempunyai nama di tingkat nasional. Setiap materi yang diberikan adalah materi yang akan membawa kalian kepada yang kalian harapkan.

Sekedar tips bagaimana membangun sebuah tim berdasarkan pengalaman saya ajanih

1.       Suasana Tim

Menurut saya, ini sering mempengaruhi setiap proses latihan. Suasana yang naik-turun. Kalo menurut saya sih, suasana itu bisa dibangun. BAGAIMANA ?? Nah itu pertanyaannya. Suasana itu bisa dibangun dengan para pemain saling mengingatkan satu sama lain apa tujuan kalian latihan. Para anggota tim harus peka terhadap lingkungan. Saling mengingatkan, itu kuncinya.


2.       Selalu Semangat.

Sepanjang yang saya ingat, MBGB itu unit gokil, gila abis, dan selalu semangat. Motto, itu salah satu cara bagaimana menambah semangat kalian, teriakkan motto kalian selalu. Motto akan membantu mengingatkan kalian apa tujuan kalian. Untuk para senior, apalagi yang sudah SMA. Saya mengenal kalian sebagai angkatan yang bersemangat, tunjukkan bahwa kalian bisa membangun tim. Tunjukkan kepada para pelatih feedback kalian.

3.       Time Management

Waktu adalah hal yang sangat berharga, yang apabila telah terlewat tidak akan pernah kembali. Gunakan waktu kalian dengan baik, rencanakan waktu kalian akan digunakan untuk apa. Gunakan waktu kalian untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi. Apabila istirahat, gunakan dengan bijaksana

Semoga bermanfaat, dan apabil ada yang ditanyakan saya siap menjawab :)
 





1 komentar:

mahardika mengatakan...

jadi terharu :'(

Posting Komentar