Selasa, 17 September 2013



Keterampilan Interpersonal Part II

Oke, selamat datang kembali di Pojok Etam :D kali ini saya akan kembali membahas kembali mengenai Keterampilan Interpersonal. Berhubung kemaren sore baru aja kuliah KI nih hehe.

Kemaren sore kami para mahasiswa belajar mengenai TEAM se-VISI . Dalam materi kali ini tidak dengan teori melainkan praktek. Kami di suruh menutup mata kami dengan tangan trbuka di belakang. Setelah itu kami diberi kertas berisikan sebuah ekspresi yang harus kami lakukan untuk mengetahui  termasuk kelompok yang mana. Aku sih dapat kategori “menangis”. Yah singkat cerita aku mewek-mewek terus dapet deh. Setelah dapat kelompok kami bermain sebuah game menggunakan bola pingpong untuk dapat berkenalan dengan yang lain. Rule dari game tersebut adalah memberikan bola pingpong kepada orang lain, tetapi harus berkenalan dulu, lalu orang selanjutnya yang diberi bola harus menyebutkan nama yang memberi dan nama yang memberi dari yang memberi. Yahh kayak nyebutin nama secara berantai lah. Game ke 2 yaitu diskusi tentang nama kelompok, logo atau lambing kelompok, jargon , juga yel-yel. Lalu dipanggil ke depan panggung untuk mempresentasikan. 


Nah sekarang aku kan kasih tw esensi apa nih dari pemilihan kelompok dan gamenya.
1.      Dari pemilihan kelompok, anda harus mengekspresikan apa yang tertulis dari kertas yang diberi. Salah satu kesamaan dari kertas tersebut adalah “isi” . Dapat dicontohkan “isi” tersebut adalah visi. Jadi, sebuah kelompok itu dapat dibentuk karena memiliki suatu kesamaan yaitu tujuan yang ingin dicapai. Bayangkan bila Anda terdapat di sebuah kelompok yang tidak memiliki visi yang sama, semua akan bekerja sendiri-sendiri untuk mewujudkan visi masing-masing sehingga pecahlah kelompok tersebut. Anda juga harus bisa mengekspresikan visi Anda agar Anda dapat menemukan perkumpulan atau yang kelompok yang memiliki ujuan yang sama

2.                          Dari game bola pingpong. Anda harus berkenalan dengan orang lain sebelum melanjutkan. Berkenalan nya pun tidak sembarangan, harus menggunakan tata cara yang benar, memberi salam, menyebutkan nama,alamat,dsb. Nah dari game tersebut Anda belajar bagaiman cara berkenalan yang baik juga dapat mengenal orang lain lebih dalam. Bayangkan keuntungan yang didiapat, Anda bisa meminta tolong bila Anda dalam kesulitan bila memiliki seorang kenalan.

3.      Dari pembuatan nama kelompok, yel-yel, dan jargon. Anggap perintah pembuatan nama kelompok,yel-yel,jargon sebagai sebuah ”tujuan”. Anda akan belajar bagaimana cara mencapai tujuan atau visi yang sama secara berkelompok. Anda akan belajar bagaimana cara menyampaikan ide dalam kelompok, bagaimana pengambilan keputusan dalam kelompok.

Jadi dapat disimpulkan bahwa materi ini bertujuan untuk    :

1    .      Mengekspresikan visi Anda.
2    .      Bagaimana menjalin hubungan dengan kelompok se-visi.
3    .      Bagaimana cara berdiskusi untuk mencapai sebuah visi.
4    .      Bagaimana cara pengambilan keputusan akhir.

Itu aja dari saya, jangan lupa komentarnya dan terus kunjungi Pojok Etam :D

4 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus gan, tinggal dirapiin lagi blognya

Anonim mengatakan...

keren gan...

Anonim mengatakan...

bagus bro

Maryo Inri mengatakan...

Menarik, sangat membuka wawasan

Posting Komentar